SEJARAH DESA CISETU

Foto023DESA CISETU KECAMATAN RAJAGALUH TERLETAK KURANG LEBIH 30 KM ARAH TIMUR DARI PUSAT KOTA MAJALENGKA DAN  BERDIRI SEKITAR SEJAK TAHUN 1876 DAN NAMA CISETU  DIAMBIL DARI SEBUAH SITU YANG LUASNYA 1 HEKTAR TERLETAK DI SEBELAH BARAT DESA CISETU.

Desa Cisetu merupakan desa pemekaran, karena sebelumnya Cisetu merupakan perkampungan yang termasuk wilayah Desa Trajaya Kecamatan Leuwimunding. Awal berdirinya Desa Cisetu kira-kira pada tahun 1876, pada waktu itu ada seorang tokoh yang kaya raya, sakti, pintar dan dermawan, namanya Mbah Rawati atau sebutan lain Mbah Ormat mengusulkan kepada kuwu Desa Trajaya agar kampung Cisetu yang merupakan wilayah bagian selatan Desa Trajaya dijadikan desa dan permintaan tersebut dikabulkan oleh Kuwu Desa Trajaya, maka mulai tahun 1876 berdirilah satu desa yang diberi nama Desa Cisetu.
Nama Cisetu dijadikan nama desa karena di kampung tersebut terdapat sebuah situ yang luasnya 1 hektar yang terletak disebelah barat Desa Cisetu dan sampai sekarang situ tersebut masih ada namun tidak dilestarikan karena tanahnya merupakan tanah eks-kacacahan milik masyarakat dan sekarang situ tersebut semakin kecil karena tanah disekitarnya sudah diperjual belikan dan di bangun rumah penduduk.
sebagai penghasilan kuwu dan pamong Desa Cisetu berbentuk sawah yang merupakan kekayaan milik Mbah Rawati yang diberikan untuk dijadikan sawah bengkok Desa Cisetu. sebagai upah/gaji kuwu dan pamong hingga sampai sekarang.
Adapun silsilah Kuwu Desa Cisetu dari tahun 1876 sampai sekarang adalah sebagai berikut :
NO N A M A TAHUN MENJABAT KETERANGAN
1. MBAH RAWATI 1876 – 1906
2. SATIJA 1906 – 1917
3. SACA WACANA 1917- 1947
4. JAYAWIKARTA RUHIAT 1947- 1978
5. JAMHARI 1978- 1989
6. IDI SUBANDI 1989 – 2008
7. IWAN KRISWANA 2008 – SEKARANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s