Ribuan Warga Kuli Kapur Majalengka, Luruk Pendopo

MAJALENGKA, Renas

Pasca rencana pemerintah Kabupaten Majalengka, yang akan melakukan penutupan terhadap sejumlah pabrik kapur milik warga sekitar, yang berada di wilayah Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, 23 Oktober mendatang. Membuat ribuan warga yang tergabung Paguyuban Keluarga Besar Kuli Kapur Majalengka-Cirebon, melakukan aksinya dengan meluruk Pendopo Bupati, dengan penuh penjagaan yang extra ketat oleh pihak keamanan, (7/10).

Menurut ketua Kordinator, Saeful Yunus, dalam orasinya mengatakan, hal ini adalah langkah awal suatu bentuk perlawanan warga maupun penolakan atas rencana penutupan pabrik kapur yang akan dilakukan oleh pemerintah setempat. “Serta bila Pemda Majalengka keuh-keuh (Tetap) menutup pabrik tersebut, maka kami juga akan mempertahankannya hingga tetes darah penghabisan walaupun nantinya akan banyak jatuh korban, kami tetap siap menghadapinya, karna ini semua menyangkut nafkah masyarakat banyak,”katanya.

Sementara itu, menurut Bupati Majalengka H.Sutrisno, Pihaknya tidak akan melakukan petutupan terhadap pabrik kapur tersebut, namun begitu silakan untuk pindah produksi jangan sampai diwilayah area pemukiman warga maupun dekat perlintasan jalan. Karena hal itu, setelah dikaji oleh dinas terkait pabrik tersebut sudah tidak memungkinkan lagi untuk beroprasi. “karena salah satu alasan kami amdalnya sangat mengganggu kesehatan warga serta sangat mengganggu pengguna jalan yang melintas dijalan tersebut sehingga akan mengakibatkan kecelakaan,”ujar Sutrisno kepada sejumlah wartawan.

Disinggung apakah pemerintah akan memberikan fasilitasi untuk pemindahannya , Bupati dengan lantang membantah bahwa yang pasti pemerintah tidak mungkin memfasilitasi pemindahan lokasi pabrik tersebut, namun begitu Pemerintah tidak akan lepas tangan begitu saja membiarkan warganya terlantar. “Warga harap sabar, kami akan melakukan kordinasi dengan pihak-pihak pengusaha pabrik kapurnya guna mencari solusi yang terbaik,”, pungkasnya. (jac)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s