65% Berkendara Masih Disepelekan Dikalngan Pelajar

Majalengka-RM
Tingkat kesadaran pengendara bermotor di Kab. Majalengka masih rendah. Ini antara lain ditandai dengan rentannya kecelakaan lalulintas khususnya sepeda motor. Bahkan, para pengendara juga terlihat menyepelekan keselamatan dalam berkendara. Salah satu ciri lain masih rendahnya kedisiplinan berlalu lintas, yakni masih banyaknya pengguna jalan yang menyerobot jalur satu arah atau berbalik arah secara mendadak. Seperti yang dilakukan pengendara kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil dan angkutan umum, namun dari menyepelekan keselamatan dalam berkendara kebanyakan dari kalangan pelajar.
Menurut Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP.Maman B Jiji di dampingi Kanit Laka Lantas, Ipda Baban Kusbandi, sebanyak 65 persen pelanggaran lalu lintas kebanyakan dari kalangan pelajar sisanya 35 dari masyrakat umum. Melihat fenomena yang terjadi diwilayah hukum Polres Majalengka, nilai kerugian materi dan ekonomi akibat kecelakaan lalu lintas sangat besar. Kerugian itu, terdiri atas berbagai hal. Misalnya biaya perawatan rumah sakit dan perbaikan kendaraan. Itu belum termasuk korban kecelakaan yang mengalami cacat, menjadi tidak produktif bekerja. Jika tidak lagi produktif, berapa penghasilan yang hilang, Sedangkan jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas angkanya lumayan besar. oleh karena itu pihaknya menghimbau berhati hati lah dalam menjalankan kendaraan.
Lebih jauh dia menambahkan, disiplin berlalulintas sangat penting ditanamkan sejak dini untuk meningkatkan kesadaran dan mengembangkan disiplin dan etika berlalulintas di kalangan pelajar. Pihaknya selalu menggelar sosialisasi Kamseltibcarlantas dengan Police Goes To Campus kesetiap sekolah sekolah yang berada di kab. Majalengka dengan menyambangi kepada para pelajar, dengan memberikan pembinaan maupun sosialisasi UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas, Selain itu Satlantas juga memberikan sosialisasi tentang kelengkapan kendaraan bermotor serta knalpon racing, sosialisasi Goes To Campus ini digelar secara rutin oleh pihak Satlantas Polres Majalengka. Selain seringnya menggelar Goes To Kampus, pihaknya juga sering melakukan Talksow kesetiap radio radio yang ada di Majalengka. Dan pihaknya juga berpesan jadilah pelopor keselamatan berlalulintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. Mudah mudahan dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat khususnya dilingkungan para pelajar termasuk masyarakat, kondisi perlalu lintasan di wilayah hukum Polres Majalengka akan semakin tertib, aman, nyaman dan angka kecelakaan akan semakin dapat diminimalisir. (jac)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s