Satlinmas Majalengka Di Tuntut Tingkatkan Kesiapan

Majalengka-(RM)

Sebagai desk yang terlibat secara aktif dalam pengamanan langsung (pamsung), baik dalam penenggulangan bencana alam, ketenagakerjaan dan pengawasan orang asing, peraturan perundang undangan daerah, serta peningkatan wawasan kebangsaan, jajaran satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) dituntut meningkatkan kesiapsiagaan. Satlinmas harus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan mempunyai disiplin tinggi. Guna menciptakan satlinmas yang siap siaga dan profesional, Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol pp) Kab. Majalengka menggelar berbagai pelatihan, penyuluhan, melalui bimbingan teknis (bimtek) yang di ikuti sekisar 2016 orang dari 336 desa / kelurahan seKab. Majalengka dan di buka langsung oleh Bupati Majalengka H. Sutrisno, Selasa (17/7).

Menurut Bupati Majalengka H Sutrisno, Satlinmas yakni komponen yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga saat terjadi kondisi yang mengancam jiwa masyarakat, Satlinmas bisa memberi pelayanan dengan cepat. Satlinmas merupakan ujung tombak Satpol PP di Kab Majalengka. Keberadaannya harus diberdayakan agar bisa dengan cermat menangani masalah di suatu wilayah atau desa, katanya.

Sementara menurut Kabid Linmas Satpol PP Majalengka, Nana Rusmana mengatakan tujuan di gelarnya bimtek ini untuk dapat meningkatkan kapasitas dan penyediaan sarana prasarana bagi anggota satlinmas dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. Sehingga program perlindungan masyarakat perlu terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam menunjang program pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, penanggulangan bencana bidang kesehatan, serta ikut memelihara ketenteraman dan ketertiban umum dalam kegiatan sehari-hari maupun terlibat dalam ketenagakerjaan dan pengawasan orang asing, paham terhadap peraturan perundang undangan daerah, serta peningkatan wawasan kebangsaan, ujarnya. Dia juga mengharapkan agar pembina umum Satlinmas tersebut dapat meningkatkan kedewasaan dan kualitas serta kuantitasnya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat yang serbadinamis sesuai dengan tuntutan kebutuhannya. Satlinmas sebagai suatu lembaga kemasyarakatan dengan pembinanya yang berjenjang yang dimaksudkan dapat membangun masyarakat dalam bentuk kesadaran bela negara yang bersifat kemanusiaan, tukasnya. (jac)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s