Polisi Majalengka Melestarikan Tradisi Menjelajah Sejarah

Majalengka (RM)

Sepeda model lama kembali naik daun. Jenis onthelis paling banyak dilirik. Kereta mesin berbatang
cukup kuat itu, berhasil melintasi zaman. Orang tak sekadar menggowes, ada nuansa nostalgia dan sisi pemberontakan. Cerita sepeda mengalir tak bertepi. Tak heran seorang pria Asal Majalengka pun dengan semangat mengayuh tunggangan antiknya. Dia adalah Aiptu Sugeng, seorang anggota POLRI dari jajaran Polres Majalengka.

Selain hanya sekedar mengayuh sepeda tuanya itu, tidak di sangka seorang polisi dalam keseharianya sebagai Banit STNK Samsat Mapolres Majalengka mempuyai beberapa jenis onthel yang dia koleksi di antaranya berasal dari negara-negara Eropa, seperti Inggris, Belanda dan Jerman maupun dari negara lainya.

Hingga saat ini sepeda onthel yang dimilikinya menjadi pajangan tersendiri dan berjejer menghiasi di gerasi samping rumahnya. Dia pun hafal sejarah masing-masing sepeda yang pernah dibeli. “Hobby saya yang satu ini memang tergolong lengkap, selain banyak teman tentu kepuasan batin juga terpenuhi. Bahkan kalau bersepeda badan pun jadi sehat, Belum lagi jika dikaitkan dengan nilai sejarah yang merupakan kebanggaan tersendiri. Telah banyak peristiwa, perjuangan dan harapan para tokoh yang terekam dalam tiap kayuhan sepeda ontel. Salah satunya Bung Karno dan Jenderal Soedirman yang merupakan penggemar sepeda antik tersebut,” katanya. Selain itu, sepeda yang dimiliki oleh saya, pasti memiliki sejarah sendiri, mulai dari warisan orangtua, nenek, kakek, hingga pencarian sepedanya yang membutuhkan cukup banyak pengorbanan.Kira-kira itulah alasannya mengapa akhir-akhir ini semakin banyak saja perkumpulan sepeda onthel bermunculan di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Majalengka,” ujarnya

Pria ini juga dikenal cukup gigih dalam mempromosikan keistimewaan dan manfaat dari sepeda onthel. Jadi, tidaklah heran jika di Kota Angin kini berdiri berbagi komunitas sepeda onthel. Tidak saja di kalangan masyarakat biasa, tetapi juga di kalangan birokrasi, khususnya para pejabat di eksekutif dan legislatif termasuk juga di institusi Polri. (jac)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s