Puluhan Anggota Satpol PP Ikut Uji Kesamaptaan

MAJALENGKA, (RM)

Dalam rangka usaha meningkatkan kinerja Kesamaptaan Aparatur Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) Kabupaten Majalengka melaksanakan kegiatan pelatihan bagi para anggotanya (6/7). Mengingat pelatihan ini sangat tepat dan strategis dimana kegiatan ini sangat terkait dalam upaya peningkatan kinerja anggota Satpol PP dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk menjaga dan memelihara ketertiban umum serta dalam menegakkan peraturan yang berlaku. Selain itu anggota Satpol PP juga dituntut untuk memiliki kesiapan fisik dan mental yang kuat dimana hal tersebut merupakan salah satu faktor utama dalam menjalankan tugas secara optimal dan efektif. Selain itu diperlukan juga kemampuan mental maupun pengetahuan dalam kaitan pelaksanaan tugas dan fungsinya nanti. Karena itu diharapkan dengan pelatihan ini dapat membentuk sikap, fisik dan mental setiap anggota Satpol PP sehingga mereka benar-benar siap dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Meurut Kepala Satpol PP Kabupaten Majalengka Siswantoro ST, SH. MH melaui Kasubag Umum..Posisi Satpol PP ini sangatlah strategis karena merupakan garda terdepan yang mempunyai peran sentral dan memikul tugas berat karena harus menjembatani tiga institusi, yakni aparat, masyarakat dan peraturan. Dalam konteks ini diperlukan upaya peningkatan kesiagaan Satpol PP  dalam efektifitas implementasi konsep dan korelasi ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan Peraturan Daerah yang berdampak langsung pada kelancaran dan peningkatan fungsi-fungsi pemerintahan serta kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Kegiatan pelatihan semacam ini merupakan proses kegiatan pembelajaran bagi para anggota Satpol PP, baik dari segi fisik maupun mental sehingga dapat tercipta kader Polisi Pamong Praja yang handal dan profesional dalam menopang strategi pembinaan ketentraman dan ketertiban umum serta penegakan Perda di Kabupaten Majalengka, ujarnya.

Tak jauh beda juga di katakan Kabid SDA Agus Nurkamal, bahwa pihaknya mengharapkan hasil dari pelatihan ini dapat diterapkan dalam menjalankan tugas sebagaimana yang didapatkan dalam pendidikan karena aparat polisi PP merupakan contoh dan teladan bagi masyarakat. Karena itu yang perlu diperhatikan dalam pelatihan ini adalah keberhasilan, dimana hal ini bukan hanya ditentukan oleh kelulusan akan tetapi sangat tergantung pada kemampuan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam melaksanakan tugas di lapangan, dengan selalu berorientasi kepada pendekatan aspiratif, responsif, serta berusaha menghindari kekerasan namun tetap tegas dan beribawa dalam menciptakan kesadaran masyarakat untuk mematuhi rambu-rambu peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga diharapkan benar-benar dapat menunjang dan membantu kelancaran kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sekaligus dapat menjaga nama korps sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, tukasnya. (jjs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s