Emping Melinjo Ezzy Putra Bantaragung Di Minati Negara Singapura

 MAJALENGKA, (RM)
Pernah mendengar Desa Bantaragung? menurut peta desa ini terletak di pinggiran Kabupaten Majalengka sebelah Timur dan sebelah Selatan dari Kecamatan Sindangwangi, tapi bagi penggemar emping melinjo,mungkin desa ini sudah tidak asing lagi bagi anda.Ya, Bantaragung merupakan salah satu sentra produksi emping melinjo di Kabupaten Majalengka. Produksi emping melinjo mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di kawasan ini. Dan emping masih menjadi primadona industri rumahan. Ini terlihat di Desa Bantaragung yang rata-rata warganya adalah pembuat emping melinjo.

Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi letaknya cukup strategis sebagai pusat perekonomian di kawasan timur Kabupaten Majalengka. Disisni emping diproduksi secara individu oleh para Ibu rumah tangga yang kemudian hasilnya dijual ke Pengumpul atau Pasar Kota Majalengka bahkan keluar Kota Majalengka, seperti Kota Bandung, Jakarta, Bogor, maupun dikirim ke seluruh penjuru Nusantara. Desa Bantaragung tercatat 80 persen lebih warganya memproduksi emping. Di Desa Bantaragung, hampir tiap warganya memproduksi emping. Wajar saja jika keahlian membuat emping khas Bantaragung ini diwariskan secara turun-temurun.

Seperti salah seorang yang sudah lama bergelut dalam produksi emping yakni Anisa (38). Perempuan yang telah menjadi Srikandi emping sejak puluhan tahun kebelakangan ini dalam sebulan dapat memproduksi emping sekitar 230Kg. Anisa menjual empingnya dalam bentuk bungkusan, tiap satu bungkus plastik, ia memberi bobot dengan berpariatip. Dan tentunya satu bungkus emping dijual dengan harga berbeda beda. Istri dari Saehuna Cahyadi (40) yang sudah malang-melintang bergelut di usaha emping ini memiliki pekerja sebanyak 12 orang, dan di beri nama produksi emping ini yakni emping “EZZY PUTRA”  pada tahun 2010-2011 omset produksi emping Ezzy Putra ini mencapai 95juta sampai 126juta.

Menurut Anisa, Soal pengalaman memproduksi emping, pihaknya dalam menekuni usaha produksi emping, sudah mengalami jatuh bangun menggelutinya. “Sekarang saya bersyukur, setidaknya usaha emping ini sudah jadi usaha tetap saya,” ungkap Istri dari seorang sebagai Kaur Keuangan dari pejabat di desa setempat. lanjut dia bahwa produksi emping buatannya itu, sudah banyak di minati pesanan dari mancanegara seperi dari Negara Singapura, namun sayangnya, bahwa pihaknya tidak bisa menerima pesanan dari Singapura tersebut, di kerenakan pihaknya tidak bisa memenuhi pesanan yang harus mencapai 3ton. oleh karena itu, supaya untuk bisa memenuhi pesanan dari Singapura tersebut, Anisa yang mempuyai nama produksi emping Ezzy Putra ini mengharapkan kepada Pemerintah setempat agar pemerintah bisa memberikan bantuan berupa alat produksi emping dari mesin atau dari teknologi canggih, karena sejauh ini pihaknya masih menggunakan secara manual, tukasnya.

Usaha emping yang dilakukan Warga Bantaragung ini seolah telah memberi inspirasi bagi warga lainnya, dan keberadaan para pengusaha emping tersebut menjadi berkah tersendiri bagi warga setempat maupun warga dari luar desa. salah satunya, warga Desa Bantaragung lainya, yang sudah lama bekerja sebagai tukang ngeprek di perusahan produksi emping Ezzy Putra ini. Ia mengaku sengaja bekerja untuk menambah penghasilan untuk keluarganya. Menjadi pekerja dalam membantu produksi emping memang bukan pekerjaan yang diidamkan. Namun, baginya sudah menjadi ladang pemasukan. Setidaknya pekerja yang kebanyakan kaum perempuan itu sedikitnya membantu keluarga atau suami dalam hal ekonomi.

Sementara Kepala Desa Bantaragung Maman Surahman, Sos mengaku, sebagian besar warga Bantaragung memiliki usaha produksi emping. Di samping itu, ada pula warga yang bercocok tanam maupun penghasil lainya seperti buah Duren. Tetapi Maman tidak menampik bahwa pendapatan terbesar Desa Bantaragung adalah dari usaha emping. “Memang emping Desa Bantaragung sudah terkenal. Tapi sayangnya, emping hasil Produksi Bantaragung belum mempunyai merek dagang yang lebih Internasioanal, karena tersendat dengan alat produksi yang masih secara manual” tegasnya. (jjs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s