SIM Menandakan Kualitas Pengguna Kendaraan

Majalengka- ReNas

Terkait adanya laporan warga tentang sulitnya surat izin mengemudi (SIM) di lingkungan Mapolres Majalengka, bahkan ada warga yang terpaksa mengikuti ujian teori sampai tiga kali, padahal ia memiliki waktu yng sedikit untuk membuat sim, karena perusahaan tempatnya bekerja hanya memberikan waktu yang sangat terbatas.

Menurut Kanit Reg Min Ident Iptu. Jaja Gardaja, Kemarin mengatakan, pihaknya memaklumi keluhan warga tersebut, namun menurutnya demi keselamatan dan ketertiban di jalan raya, warga harus mengikuti proses ujian teori sesuai prosedur yang ada. Karena SIM menandakan kualitas pengguna kendaraan, “Masyarakat sekarang memang kritis, dalam artian mereka mempertayakan apakah mereka lulus atau tidak dalam uji teori. Saya tekankan di sini SIM untuk keselamatan jiwa baik si pembuat SIM maupun orang lain. Orang yang lulus baik ujian teori maupun praktek berarti mereka memiliki pengetahuan dalam berkendara, paling tidak mereka tau tentang apa saja yang harus dilakukan ketika berkendara di jalan, dan menandakan kualitas pengguna kendaraan,” ulasnya.

lanjut dia, dalam ujian tiori hanya ada 30 soal, sedangkan dijalan banyak peratutan yang harus dipatuhi oleh pengendara. “Kalau 30 soal saja mereka tidak bisa lulus, bagaimana mereka nantinya kalau berkendara di jalan umum,” tegasnya. Dia menambahkan lebuh jauh, bahwa, dalam ujian praktek membuat SIM, pemohon SIM juga dilatih untuk meluangkan lima menit yang berharga sebelum meluncur ke jalan. “Misalnya memeriksa gigi kendaraan, memasang safeti belt, dan memeriksa spion kanan dan kiri, dalam 5 menit itu bisa menentukan semuanya,” ucapnya. jac

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s