Sejarah Di Balik Kesuksesan Desa Cisetu

Majalengka- ReNas

Desa Cisetu berdiri sejak abad…tepatnya di Wilayah Kecamatan Rajagaluh, kurang lebih 30 Km arah Timur dari pusat Kota Majalengka

Tahun 2009 sosok Iwan Kriswana mulai memangku jabatannya sebagai Kepala Desa Cisetu dimana saat itu Iwan di beri amanah oleh Warga Masyrakat Desa Cisetu untuk memimpin roda pemerintahan Desa Cisetu, yang sebelumnya di pimpin oleh Idi Subandi (Alm), semenjak Iwan menempati sebagai Kepala Desa, Cisetu tampaknya telah bangun dari tidur lelapnya selama ini, kini Cisetu telah menampakan jati dirinya sebagai Desa primadona di Kabupaten Majalengka, tentunya hal ini menjadi harapan khususnya bagi Masnyarakat Cisetu, dan semua ini akan menjadi sejarah bangkitnya Desa Cisetu di Tahun 2012 ini.

Iwan Kriswana pada sekitar Tahun 2009 memulai kesibukan sebagai kepala Desa Cisetu Kecamatan Rajagaluh Kabupaten. Majalengka atau yang lebih jelasnya sebagai seorang pejabat Desa, namun di tengah kesibukannya sebagai Kepala Desa, pihaknya tidak membuatnya terlena dan melupakan lingkungan / Masyarakat sekitarnya, kepercayaan Masyarakat menjadi amanah yang harus dipegang teguh oleh setiap pemimpin, hal itulah yang terus dijaga dan dilakukan oleh kepala desa ( Kades )Cisetu Iwan Kriswana.

Menurut Iwan Kriswana bahwa, dalam rangka mengawali tugas baru di embannya sebagai kepala Desa (Kades) Cisetu saat ini menerapkan konsep kemitraaan lewat silaturahim dan kekeluargaan dengan seluruh elemen Masyarakat, dan untuk memajukan Desa merupakan tugas yang tidak bisa ditawar-tawar bagi seorang Kepala Desa, kesadaran dan rasa memiliki pada setiap bentuk tugas dan pekerjaan menjadi awal keberhasilan dalam pencapaian tujuan, kesadaran berawal dari rasa memiliki yang timbul dari suatu kesadaran diri maka keberhasilan dari sebuah harapan akan cepat terwujud, ucap iwan.

Menurutnya dirinya, mempunyai moto dalam bersatu kita maju bersama membangun Cisetu dan mempunyai Visi Misi terwujudnya pemerintahan Desa yang aspiratif dan transparan dalam membangun Masyarakat yang agamis dan parsitipatif. Hal tersebut tidak hanya omong kosong belaka itu semua sudah dibuktikan dengan baru berjalan dalam Tiga Tahun pihaknya menjabat sebagai Kepala Desa, bahkan dipemerintahan Desa pun sudah banyak perubahan bahkan dari segi pembangunan pun sudah kami majukan itu semua berkat kerja keras Masyarakat serta pamong Desa maupun aparatuer Desa yang saling bahu membahu untuk memajukan Desa Cisetu, untuk menghindari penyekat di antara aparatur Desa dangan Masyarakat dalam mensukseskan pembangunan, pihaknya menerapkan kemitraan melalui silahturahmi dengan elemen Masyarakat, serta dirinya melakukan sebuah perubahan pada seluruh jajaran aparatur dengan Masnyarakat untuk menciptakan kekompakan dan solidaritas di antara Masyrakat dan aparatur Desa serta membutuhkan keterlibatan semua komponen terkait, katanya.

Sosok Iwan walaupun baru seumur jagung menjabat sebagai ( Kades ) Cisetu, pihaknya sudah banyak membawa perubahan Desa Cisetu, di antaranya memperbaiki semua infrastruktur hingga menyelesaikan Pembangunan Mesjid Baitul Mutaqin Desa Cisetu, serta Pembangunan rehab Kantor Balai Desa dan DKM Baitul Mutaqin menelan dana Rp. 333 Juta ” perincian adalah untuk biaya rehab kantor balai desa sebesar Rp. 195 Juta dan Rp. 138 Juta untuk pembangunan Kantor DKM Baitul Mutaqin, sumber dananya berasal dari Pemkab Majalengka sebesar 20 Juta di gunakan untuk rehab Balai Kantor Desa, selebihnya dari donatur dan swadaya Warga,” papar Iwan.

Iwan menambahkan, pengerjaan rehab Kantor Balai Desa Cisetu di laksanakan sejak Januari hingga Maret 2011 dengan di mulai pemugaran hingga rampung, sementara untuk Pembangunan Kantor DKM di kerjakan sejak Maret dan selesai pada Agustus 2010, total dana Dua Bangunan tersebut mencapai Rp. 333 Juta. dengan keberadan Kantor Balai Desa dan Kantor DKM Baitul Mutaqin yang baru ini, Iwan mengharapkan bisa di manfaatkan sebagai rumah untuk menampung segala kegiatan ‘Pelemahan, Pawongan, Parahyangan di Wilayah Desa Cisetu, ‘ harapnya.

Masih menurut Iwan bahwa, di tengah kesibukannya sekarang sekarang ini sedang dalam menghadapi lomba Desa tingkat Provinsi, pihaknya bersama Warga Masnyarakat Desa Cisetu tengah membangun Gedung serba guna atau Gelanggang Olah Raga ( GOR ) di mana, gedung ini sangat bermanfaat dalam segala hal, dan Pemkab Majalengka beberapa waktu lalu telah memberikan bantuan dana sebesar Rp. 20 Juta untuk Pembangunannya, semoga dengan bantuan ini dapat mengurangi beban Warga dalam membangun ( GOR ) yang di perkirakan bakal menghabiskan dana ratusan juta. ” saya selaku pucuk Pemerintahan Desa Cisetu mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Majalengka yang selama ini telah memberi bantuan dana untuk di Desa kami, semoga kami bisa mewujudkan visi Majalengka yakni Relijius, Maju, dan Sejahtra, ( Remaja ) pungkasnya. ( jac )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s