Pertanian ( Holkultura) Dan Pengrajin Anyaman Sebagai Ikon Desa Cisetu

Majalengka- ReNas

Desa Cisetu Kecamatan. Rajagaluh Kabupaten. Majalengka dikenal sebagai salah satu Desa dengan potensi perkembangan pengrajin dan pertanian, Peternakan, dan Perikanan, serta perdagangan. Sepanjang jalan yang dilalui, bisa ditemukan para petani yang menghasilkan hasil pertanian seperti di bidang pembibitan (Holkultura), mangga, duren, lengkeng, jeruk, dan perbibitan lainnya. Perekonomian masyarakat pun menggeliat. Ini mengindikasikan jika pertanian menjadi mata pencaharian sebagian besar warga Cisetu, ujar Iwan Kriswana selaku pucuk Pemimpin di Desa Cisetu.

lanjut dia bahwa, “Sekitar 80% warga kami bergerak di sektor pertanian,”,dengan adanya Potensi ini membuat para aparat Desa, Tokoh- Tokoh Masyarakat, dan Warga tengah untuk membangun Desa mereka, berbagai terobosan pun dilakukan demi memajukan Desanya, Cisetu juga di kenal sebagai pengrajin rumahan (PR) yang terbuat dari bambu seperti anyaman bakul atau sejenis anyaman lainnya, selain itu juga Masyrakat Cisetu sangat melakat dengan menerapkan Gotong Royongnya, dan Masyrakatnya terus saling bahu membahu untuk memajukan dalam segala pembangunan, katanya.

Iwan menambahkan bahwa, Potensi yang ada di Cisetu yakni, di bidang pertania, (Holkultura) / perikanan, peternakan, krajinan, dan perdagangan pun menurut Iwan juga cukup memuaskan. Hal ini terlihat dari potensi besar pangrajin anyaman, pertanian, perikanan, peternakan, yang masih tetap ditekuni warga Cisetu. Meski di pasaran harga pengrajin anyaman masih terombang-ambing, Iwan mengatakan, warganya masih terus menukuninya sebagai khas hasil karya kreatipitas Masyrakat dan sebagai ikon Desa Cisetu. (jac)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s