Cisetu Wakili Majalengka Lomba Desa, Siap Jadi Kandidat Duta Provinsi Jabar

Majalengka-ReNas

Persaingan merebut posisi teratas dalam lomba Desa Tahun 2012, semakin seru, tiap Desa, berlomba menyajikan data dan fakta lapangan dengan baik. Setelah berhasil memenangkan lomba desa antar kecamatan yang diselenggarakan Pemkab Majalengka, kini Desa Cisetu Kec. Rajagaluh terpilih menjadi duta Kabupaten Majalengka dalam kegiatan lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012. Dari sejumlah potensi desa yang ada, Cisetu mengunggulkan potensi Pertanian (Holkultura) dan pengrajin Rumahan (PR). Penilaian lomba desa ini akan di laksanakan Rabu (27/5) mendatang.

Selama ini, Desa Cisetu dikenal sebagai salah satu Desa dengan potensi perkembangan pengrajin dan pertanian serta perdagangan. Sepanjang jalan yang dilalui, bisa ditemukan para petani yang menghasilkan hasil pertanian seperti di bidang pembibitan (Holkultura), mangga, duren, lengkeng, jeruk, dan perbibitan lainnya. Perekonomian masyarakat pun menggeliat. Ini mengindikasikan jika pertanian menjadi mata pencaharian sebagian besar warga Cisetu. “Sekitar 80% warga kami bergerak di sektor pertanian,” ungkap Kepala Desa Cisetu Iwan Kriswana Rabu Kemarin, menjelang persiapan lomba desa. Potensi ini membuat para aparat Desa, Tokoh- Tokoh Masyarakat, dan Warga jengah untuk membangun Desa mereka, berbagai terobosan pun dilakukan untuk mendukung program itu, Cisetu juga di kenal sebagai pengrajin rumahan (PR) yang terbuat dari bambu seperti anyaman bakul atau sejenis anyaman lainnya, selain itu juga Masyrakat Cisetu sangat melakat dengan menerapkan Gotong Royongnya, dan Masyrakatnya terus saling bahu membahu untuk memajukan Desa Cisetu ini.

setelah sebelumnya menjadi yang terbaik di tingkat Kab. Majalengka, segala persiapan dan tekad untuk tampil maksimal telah berusaha untuk dimaksimalkan, serta mereka telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan telah siap untuk dinilai dan siap pula menjadi yang terbaik. Bahkan Iwan merasa optimis bahwa Desa Cisetu akan menjadi yang terbaik, dan kalau haparan itu memang mendapatkan kepercayaan provinsi, maka “kami siap untuk mewakili provinsi dalam lomba tingkat nasional,” kata Iwan di dampingi dengan beberapa perangkat Desa dan LPM.

Sementara menurut BPMD-KB Kab Majalengka apa yang disajikan Desa Cisetu setelah dicek, sangat sesuai dengan fakta dan data yang disajikan di lapangan. Desa Cisetu merupakan salah satu Desa yang bisa bersaing ketat dengan desa lain di tingkat Provinsi / Nasional,” tandasnya. (Jac)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s